Kamis, 09 Mei 2013

Tugas Softskill Manajemen Ritel BAB 6 ( Store Management )

Setiap pembisnis retail biasanya akan selalu memperhatikan ketiga hal ini untuk memastikan keberlangsungan hidup bisnisnya. Mereka meyakini bahwa ketiga hal ini jika tidak di awasi dan dikelola dengan baik akan membawa bisnisnya ke arah kebangkrutan. Ketiga hal tersebut adalah :

1. Hubungan dengan pelanggan

Bisnis retail sangat erat hubungannya dengan pelanggan, sebab omzet mereka sangat bergantung kepada jumlah belanja para konsumennya. Para pebisnis retail kini sudah menyadari bahwa bisnis retail bukan hanya menjual produk semata, akan tetapi bahwa pelayanan terhadap pelanggan adalah sama pentingnya. Bahkan kini pelayanan pelanggan sudah menjadi prioritas utama dalam menjaga keberlangsungan suatu bisnis. Karena itu pebisnis retail akan berusaha untuk selalu memaksimalkan usahanya dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

2. Produktivitas Pegawai

Para pebisnis retail kini sudah menyadari bahwa karyawan mereka bukan hanya berperan sebagai penjaga toko.Keberadaan karyawan jauh lebih penting dari hanya sekedar menjaga tokoatau melindungi agar barang-barang di toko tidak hilang. Karyawan toko retail adalah duta perusahaan, dimana baik atau buruknya suatu perusahaan akan ditamilkan oleh pembawaan para karyawannya dalam melayani pelanggan.Untuk itu para pebisnis retail akan merancang programpelatihan untuk para karyawannya agar mereka lebih produktif, dan lebih sopan dalam berprilaku ketika berkomunikasi dengan pelanggan.

3. Kemampuan memenuhi target dan memastikan kesempurnaan operasional

Setiap bisnis tentu akan memiliki target, demikian pula dengan bisnis retail. Target bisnis bukan saja bertumpu pada omzet semata melainkan juga berfokus pada bagaimana agar brand awareness toko tersebut semakin meningkat. Peningkatan brand awareness ini dilakukan salah satunya adalah dengan cara membuat sistem operasional toko yang sempurna. Sistem operasional ini berawal dari penyediaan barang, perekrutan karyawan, pelatihan,dan berujung pada transaksi dengan para pelanggannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar