Jumat, 11 Mei 2012

Bagaimana Cara Membuat Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran atau bauran pemasaran (marketing mix) adalah salah satu upaya untuk mengoptimalkan proses pemasaran. Prinsip pemasaran adalah pencapaian tujuan suatu organisasi tergantung pada seberapa mampu perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya dan memenuhi dengan cara yang lebih efisien dan efektif dibanding pesaing. Perusahaan harus paham betul kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Perlu diingat kembali bahwa pelanggan adalah orang-orang yang berkuasa untuk memutuskan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Jadi, pelanggan adalah bagian dari pasar, karena yang disebut pasar adalah pembeli itu sendiri baik pembeli aktual maupun potensial. Pasar sangatlah beragam berarti keinginan pembeli juga beragam. Fakta ini membuat perusahaan tidak mungkin memenuhi semua kebutuhan dan keinginan pasar. Berikut strategi – strategi dasar yang harus dipahami dan diimplementasikan oleh pembisnis agar sukses dalam bisnisnya:
1).Membangun Kepercayaan Kepada Konsumen. kita yakinkan konsumen agar percaya dengan produk kita dan tertarik untuk membeli barang yang kita jual.
2).Mempunyai jaringan yang luas. mempunyai jaringan pemasaran yang luas sangatlah bagus untuk meningkatkan penjualan kita semakin banyak kita punya Network pasti usaha yang kita jalani semakin besar dan dikenal luas oleh konsumen.pertama-tama kita terapkan sitem DOOR TO DOOR untuk mengenalkan produk kita.
3).Berbisnis produk kesukaan atau hobby. alangkah bagusnya jika kita membuat pproduk sesuai dengan hobby atau kesukaan kita agar kita menjalani usaha tersebut dengan bersemangat dan terus menyalurkan inovasi-inovasi yang ada dipikiran kita curahkan semuanya agar usaha kita maju.Menjalani bisnis kesukaan atau hobi ini juga mampu mengurangi stres kita disaat pendapatan kita sepi atau menurun
4).Terbuka dengan masukan dan kritik konsumen kita mesti sering mendapatkan kritik atau saran supaya usaha kita berkembang dan terus berinovasi dalam usaha kita. 5).Jual Merek dan motto Strategi berikut merupakan strategi kekuatan psikologis dalam menanamkan brand (nama produk) kita dalam memori konsumen. Buatlah konsumen mau membeli produk kita karena merek produk kita, sehingga mereka merasa bangga menggunakan produk kita. Karena tanpa kita sadari merek atau brand, bukanlah hanya sekedar nama produk, tetapi brand mampu memberikan nilai kebanggaan atau label kesuksesan bagi konsumen, maka banyak kita lihat banyak orang kaya berani memberi produk dengan merek khusus seperti jam tangan atau tas dengan harga selangit, padahal banyak selagi jam tangan atau tas lain dengan merek berbeda dan harga yang jauh lebih murah. Fenomena ini karena mereka merasa bangga dan berharga jika menggunakan merek produk yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar