Riset pemasaran dilakukan oleh produsen, pedagang besar, agen,bahkan peritel. Di level mana pun, riset yang di lakukan bertujuan memecahkan masalah atau membantu menejemen dalam membuat keputusan yang tepat, cepat dan akurat dalam pemasaran. Siapapun yang melakukan riset, tahap yang di lakukan atau di lalui sama saja. Diawali dengan perumusan masalah; penetuan disain riset; perancangan metode dan pengumulan data; perancangan sampel dan pengumpulan data; analisis dan interpretasi data; dan di akhiri dengan penyusunan laporan riset.
Proses Riset Pemasaran
Berdasarkan definisi yang telah di kemukakan, riset pemasaran dilakukan dalam (6) tahapan, yakni:
1. Perumusan masalah
2. Penentuan desain riset
3. Perancangan metode dan pengumpulan data
4. Perancangan sampel dan pengumpulan data
5. Analisis dan interpretasi data
6. Peyusunan riset
Tidak ada komentar:
Posting Komentar