Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Selasa, 10 Januari 2012

TUgas kewirausahaan Softskiil

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan proposal usaha ini dengan baik. Proposal ini di tulis dengan keyakinan saya sendiri agar bisa memahami arti bisnis usaha ini bagaimana. Isi dari makalah ini dapat mengetahui bagaimana kita berwirausaha dan cara memproduksinya ,

Kami mengucapkan terima kasih kepada para dosen pembimbing yang telah memberikan kita wawasan yang luas bagaimana kita berwirausaha dan menjual produk yang benar .

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………………………1
DAFTRA ISI………………………………………………………………………………..2
LATAR BELAKANG……………………………………………………………………...3
BAB 1 PENDAHULUAN…………………………………………………………4
1. JUDUL KEGIATAN…………………………………………………………..4
2. STATUS USAHA……………………………………………………………...4
3. RASIONAL KEGIATAN…………………………………………………….4
4. TUJUAN KEGIATAN………………………………………………………...4
BAB II PROFIL USAHA…………………………………………………………5
1. TENTANG PERUSAHAAN…………………………………………………5
2. VISI , MISI DAN TUJUAN…………………………………………………..6
BAB III PEMASARAN……………...…………………………………………..7
1. PRODUK YANG DIPASARKAN
2. SASARAN KONSUMEN/ PEMBELI.
3. WILAYAH PEMASARAN
4. PENETAPAN HARGA JUAL
BAB IV ASPEK PRODUKSI……………………………………………………8
BAHAN BAKU
PERKIRAAN BIAYA
BAB V ASPEK KEUANGAN………………...……………………………….9
BAB VI ASPEK LAIN-LAIN………………………………………………….10
PENUTUP………………………………………………………………………11



A. LATAR BELAKANG
Untuk membantu program pengembangan kemampuan kemahasiswaan, khususnya dibidang kewirausahaan, serta program pengembangan iklim kewirausahaan bagi mahasiswa maka sangat diperlukan banyak informasi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kewirausahaan yang harus disajikan. Salah satu keterampilan yang diharapkan dapat dikuasai oleh mahasiswa dalam bidang kewirausahaan adalah keterampilan dalam menyusun proposal rencana usaha. Keterampilan menyusun proposal rencana usaha itu sangat penting bagi mahasiswa program kewirausahaan karena ada tiga alasan yaitu :
Propsoal usaha merupakan aplikasi dan penguasaan mahasiswa terhadap usaha yg akan dijalankan
Proposal usaha terhadap prospek usaha kedepan dalam menghitung resiko dalam berwirausaha
Proposal usaha untuk dijadikan panduan ( pedoman ) terhadap usaha yang akan dikembangkan


BAB. I. PENDAHULUAN

A. Judul Kegiatan : Usaha makanan kering ( keripik gemilang)
B. Status Usaha : Usaha yang baru terbentuk .
C. Rasional Kegiatan: Usaha makanan kering ( keripik ) yg akan dijalankan adalah makanan yg bercita rasa gurih dan asin. Alasan dalam memilih usaha makanan kering ini karena harganya sesuai untuk semua kalangan dan harganya terjangkau .Maka dari ini didasari tersebut makanya kami memilih jenis usaha makanan tersebut.
D. Tujuan Kegiatan :
- Untuk mengembangkan kemampuan saya dalam berwirausaha
- Mengajarkan kita untuk berkreasi dan berinovasi dalam pembuatan makanan tersebut.
- Untuk menerapkan ilmu pengetahuan dalam bidang makanan yang kita buat ini.


BAB II PROFIL PERUSAHAAN

Tentang Perusahaan :
Makanan kering (keripik) adalah usaha menengah kecil yang bergerak dalam bidang makanan. Kami akan memberi nama usaha ini “keripik gemilang” . Produk kami ini sangat lezat dan gurih serta sehat dan memiliki citra rasa tersendiri.

Penjelasan lebih rinci
Nama : “Keripik Gemilang”
Nama Produksi : keripik singkong, keripik pisang, keripik talas, keripik ubi.
Alamat Perusahaan : Jl.Kemang Raya 1 No.31 Sukmajaya Depok
No.Handphone : 08990051952 085781114085
Nama Pemilik Perusahaan :
 BUNGA NUR AISYAH
 LANNA
 MULYADI

Visi dan Misi

Visi

Menjadikan program diatas sebagai pembelajaran sekaligus menambah pemahaman dalam berwirausaha khususnya dalam usaha dibidang kuliner

Misi

 Membangun rasa percaya diri
 Menjadi pesaing terkuat

Tujuan
 Membentuk jiwa kewirausahaan yang baik dan menjadi professional dalam bidang ini.
 Lebih memajukan bisnis dalam bidang kuliner
 Memberikan inovasi dan kreasi dalam dunia kuliner tersebut









BAB III. PEMASARAN

Produk yang di pasarkan :
 Keripik singkong
 Keripik pisang
 Keripik talas
 Keripik ubi
Sasaran konsumen/pembeli :
 Mahasiswa/i
 Pelajar
 Dan bisa dikonsumsi siapa saja
Wilayah pemasaran :
 Area sekitar Universitas/kampus
 Area sekitar sekolah
 Tempat-tempat ramai
Penetapan harga jual :
 Harga bervariatif untuk semua jenis keripik mulai dari Rp.1000,s/d Rp 5000,-


BAB IV. ASPEK PRODUKSI

Bahan baku :
 Singkong
 Ubi
 Talas
 Pisang
 Minyak sayur
 Penyedap rasa
 Cabai
Perkiraan biaya :
 Singkong 10 kg ( per kg Rp. 2000*10 kg ) Rp. 20.000,-
 Ubi 5 kg ( per kg Rp. 3500*5 kg ) Rp, 17.500,-
 Pisang Rp. 25.000,-
 Talas 5 kg ( per kg Rp 5000*5 ) Rp. 25.000,-
 Minyak sayur 3 kg ( per kg Rp. 10.000*3 ) Rp. 30.000,-
 Penyedap rasa Rp. 10.000,-
 Cabai Rp. 25.000,-
 Total biaya tak terduga Rp. 20.000,-

TOTAL BIAYA = Rp. 172.500,-







BAB V . ASPEK KEUANGAN

• Pendanaan :
1. Modal sendiri Rp. 200.000,-
a. Biaya ( rincian di atas ) Rp. 172.500,-
b. Biaya tambahan Rp. 27.500,-

TOTAL Rp. 200.000,-

• Studi kelayakan
Keripik ini bisa dinikmati oleh siapa saja, karena keripik ini tanpa bahan pengawet, murah dan terjangkau
• Proyeksi keuangan
Bisnis keripik ini sungguh bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan siapa saja, tinggal menempatkannya saja untuk dijual dimana dan bagaimana cara mendapatkan konsumen tetap.


BAB VI. ASPEK LAIN-LAIN

Kendala yang timbul :
 Bisnis ini jika dilakukan di area sekolah, kemumgkinan besar terdapat banyak pesaing yang jajanannya tak kalah enak.
 Tidak mudah mendapatkan konsumen, karena biasanya konsumen lebih memilih jajanan yang lebih menyenangkan.
Resiko bisnis :
 Banyak pesaing



PENUTUP

• Antisipasi Masa Depan

Berwirausahaan yang baik itu harus selalu tahu kapan akan memajukan dan mengembangkan bisnisnya. Kami akan berusaha memaksimal mungkin terus dan mempertahankan serta memajukan bisnis ini untuk masa depan kita .

• Kesimpulan

Dari yang kita pelajari dan kami pikirkan dengan sebaik-baiknya. Bisnis akan tetap berkembang pesat karena usaha makanan ini tersebut tidak akan pernah habis termakan usia, tinggal bagaimana kita bisa menempatkan dan mengikuti sejalan dengan era nya . Kami yakin bisnis akan terus maju dengan berjalannya kebersamaan kami dan ide yang tak pernah habis. Kami sangat menyadari bahwa di luar sana banyak pesaing-pesaing yang sudah handal. Tapi kami tetap angkuh dan memperthankan bisnis ini dengan niat tekad yang membuat kami terus semangat dan tidak mudah putus asa dalam usaha ini.

1 komentar: